Kamis, 08 Maret 2012

Hewan Langka di Indonesia

Berikut ini 10 jenis hewan langka yang ada di Indonesia :


1. Orang Utan (Pongo Pygmaeus)

hewan ini memiliki rambut yang lebih panjang daripada jenis kera yang lain. Makanan utamanya buah-buahan. Wilayah penyebarannya di dataran rendah dan hutan hujan tropis serta dataran rendah Kalimantan


2. Badak Bercula Satu ( Rhinoceras Sundaicus)

merupakan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) dan memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Bisa ditemukan di Ujung kulon, banten


3. Badak bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis)

Definisi dan deskripsi sama seperti badak bercula dua diatas, namun wilayah penyebarannya hanya bisa ditemukan di Sumatera.


4. Musang Congkok (Prionodon Linsang)

bisa ditemukan di hutan pegunungan dan perbukitan di Aceh dan Sumatera Barat. Berat badannya sekitar 5kg dan panjang tubuh bisa mencapai 71cm. Sejenis hewan pemburu. Suka memanjat pohon dan senang berburu mamalia kecil dan serangga


5. Singapuar (Tarsius Bancanus)

merupakan primata terkecil di dunia. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12-15cm dengan berat 80-140 gr. Memiliki ukuran mata yang sangat besar (melebihi ukuran otaknya) namun hanya bisa melihat di malam hari. Perilaku sangat mirip denganburung hantu. Penyebarannya di Sumatera bagian Selatan dan Tenggara, Kepulauan Riau, dan Kalimantan


6. Belida / Lopis (Notopetrus Chitala)

Ciri khas ikan ini berupa bentuk tubuh yang menyerupai pisau dengan berat rata-rata 1kg dan panjang tubuh 87,5 cm. Makanan utamanya berupa anak ikan dan udang. Bisa ditemukan di perairan tawar Jawa dan Kalimantan


7. Harimau Sumatera ( Panthera Tigris Sumatrae)

sampai saat ini jumlahnya tidak lebih dari 500 ekor. Wilayah penyebarannya di sumatera. Semakin berkurang jumlahnya karena terancam perburuan dan penebangan hutan


8. Anoa (Bubalus Depressicornis)

merupakan mamalia berkuku genap. Sekilas perawakan anoa mirip kambing tetapi ukuran tubuhnya lebih besar. Pada kepala Anoa terdapat tanduk runcing yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Daerah penyebarannya di wilayah Sulawesi.


9. Elang jawa (Spizaetus Bartelsi)

Merupakan Hewan pemangsa dengan bentuk fisik yang khas. Penyebarannya taman nasional gede pangrango, taman nasional gunung halimun, taman nasional alas purwo, taman nasional muara betiri, taman nasional baluran, gunung kawi, gunung anjasmoro, gunung salak, dan gunung slamet. jumlah populasinya saat ini hanya sekitar 250 - 300 ekor. Burung ini baru mencapai dewasa setelah 3-4 tahun dan hanya bertelur sebutir selama 2-3 tahun.


10. Babirusa (babyrousa babyrussa)

hewan ini gemar makan buah-buahan , tumbuhan, jamur, dan daun-daunan. Taringnya sangat panjang dan mencuat keatas, berguna untuk melindungi matanya dari duri dan rotan.Saat ini populasinya sangat sedikit dan penyebarannya terdapat di pulau Sulawesi, maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Video Harimau Sumatera

Ini adalah video harimau Sumatera, salah satu hewan langka di Indonesia.
(indahf/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Hewan langka di indonesia. Hewan langka. Tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya. Hewan langka di indonesia dan keterangannya. Tumbuhan langka dan keterangannya. Hewan langka di dunia. Hewan dan tumbuhan langka di indonesia dan keterangannya.
10 hewan langka di indonesia. Binatang langka. Tumbuhan dan hewan langka di indonesia dan keterangannya. Fauna langka di indonesia. Flora. Hewan hewan langka di indonesia. Binatang langka di indonesia dan keterangannya.
Hewan hewan langka. Hewan dan tumbuhan langka. Hewan langka dan penjelasannya. Hewan dan tumbuhan langka di indonesia beserta keterangannya. Hewan langka yang ada di indonesia. Hewan langka di dunia dan keterangannya. Flora langka di indonesia dan keterangannya.
5 hewan langka di indonesia. Hewan dan tumbuhan langka beserta keterangannya. Hewan langkah di indonesia. Hewan langka yang dilindungi di indonesia dan penjelasannya. Fauna langka. 10 hewan langka. Hewan hewan langka di dunia.
Gambar hewan langka di indonesia. Daftar hewan langka di indonesia dan keterangannya. Hewan langkah. Gambar hewan langka. Jenis hewan langka. Macam macam hewan langka di indonesia. Jenis jenis hewan langka.
Hewan langkah di dunia. Macam macam hewan langka. Hewan terlangka di dunia. Jenis jenis hewan langka di indonesia. Hewan langka indonesia. Gambar hewan dan tumbuhan langka. Hewan hewan langka di indonesia dan keterangannya.
Hewan terlangka di indonesia. Jenis hewan langka di indonesia. Tumbuhan dan hewan langka. Binatang langka di dunia. Musang congkok. Hewan langka di indonesia beserta asalnya. Hewan langka dan keterangannya di indonesia.
Hewan langka di indonesia beserta keterangannya. Hewan langka yang dilindungi di indonesia. Artikel hewan langka. Hewan dan tumbuhan langka dan keterangannya di indonesia. 10 hewan langka di dunia. Tumbuhan dan hewan langka di dunia dan keterangannya. Hewan langkah dan keterangannya.
Contoh hewan langka di indonesia. Gambar hewan dan tumbuhan langka di indonesia. Macam macam hewan dan tumbuhan langka. Hewan terlangka. Binatang langkah. Flora dan fauna langka di indonesia. Hewan langka di indonesia dan asalnya.
Hewan langka di dunia dan penjelasannya. Contoh hewan langka. 10 binatang langka di indonesia. Hewan langka di dunia beserta keterangannya. Hewan hewan langka yang ada di indonesia. Hewan hewan langkah. Tumbuhan langka di indonesia dan asalnya.
Hewan langka diindonesia. Macam hewan langka. Hewan langka yang dilindungi. Gambar hewan langka dan keterangannya. Ciri ciri hewan langka di indonesia. Flora dan fauna langka yang ada di indonesia. Pelestarian hewan langka.
Hewan langka khas indonesia. Hewan langka dan keterangan. Keterangan hewan langka. Hewan hewan langka indonesia. Hewan khas indonesia. 5 hewan langka. Foto hewan langka.
Fauna yang ada di indonesia. Gambar hewan langka dan penjelasannya. Hewan hewan langkah di indonesia. Binatang terlangka di dunia. Hewan langka di indonesia dan gambarnya. Hewan hewan langka dan keterangannya. Binatang langka dan keterangannya.
10 hewan terlangka di indonesia. Artikel hewan langka di indonesia. 10 hewan dan tumbuhan langka di indonesia. Hewan punah di indonesia. Hewan langka beserta penjelasannya. Pelestarian hewan langka di indonesia. Hewan langka dan tempat perlindungannya.
Tumbuhan dan hewan langka dari indonesia. Gambar fauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar